Kamis, 21 Februari 2013

Pengaruh Musik Dalam Kehidupan Sosial

Musik memang sangat berpengaruh dalam kehidupan. Kebanyakan orang beranggapan bahwa dunia tanpa musik itu adalah dunia yang ‘hampa’. Masing-masing kita punya selera musik yang berbeda-beda dan musik itu sendiri terkandung beragam jenis atau pun aliran yang tercipta waktu demi waktu sesuai dengan zamannya para musisi. Musik kadang mempengaruhi status sosial manusia yang justru sering disalahartikan orang-orang. Misalnya saja musik jazz yang dianggap sebagai musik kelas bawah yang pada awalnya merupakan musik yang tercipta dari kaum ‘budak’, justru sekarang musik jazz disukai oleh banyak orang lintas status sosial. Bahkan musik jazz sering dianggap sebagai musik kelas atas. Atau malah sebaliknya dari semua anggapan orang.
Musik adalah hal multi-fungsi yang banyak pengaruhnya terhadap kehidupan kita. Kadang musik menginspirasi kita dalam bertindak, musik menjadi gambaran diri kita sesuai lirik yang ada di lagu-lagu, dan musik enak didengar dengan segala hal yang kita sukai yang terkandung di dalamnya. Lagu dengan lirik dan musik kadang mempengaruhi cara kita memandang. Sebagai makhluk sosial tentunya diri kita akan selalu berubah sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan kita seiring bertambahnya umur. Perkembangan dan pertumbuhan itu sebagian besar dipengaruhi oleh lingkungan, dan ada juga pengaruh musik. Musik yang kita sukai akan selalu menjadi favorit kita dalam setiap lagu-lagu sesuai dengan musik yang kita cintai. Bila kita sudah cinta terhadap musik tersebut, musisi-musisi yang membawakan musik tersebut pun kemungkinan dapat mempengaruhi cara kita memandang hidup.
Misalnya di era 1950-an ketika Elvis Presley menjadi idola musik rock ‘n roll di semua kalangan masyarakat khususnya kalangan remaja, rock ‘n roll dan Elvis Presley sebagai idola dari musik itu mempengaruhi kehidupan sosial masyarakat di zaman itu dalam berperilaku. Perilaku para remaja khususnya, di zaman itu mereka mulai meniru gaya sang idola dan menerapkannya dalam kehidupan sosialnya. Rambut yang dipanjangkan dan dibentuk sesuai gaya Elvis Presley, gaya berbusana yang khas Elvis Presley, hingga perilaku Elvis di panggung atau pun di kehidupan sehari-hari pun kerap ditiru.
rock-and-roll
Beberapa tahun setelah Elvis Presley muncul sekelompok anak muda berbakat di dunia musik dan menjadi idola baru yang juga terpengaruh oleh Elvis Presley dan musiknya, yaitu The Beatles. Empat orang pemuda yang tergabung dalam band tersebut menjadi idola baru bagi masyarakat di zaman itu. Gaya berbusana, gaya rambut, gaya bermusik, hingga kehidupan sehari-hari pun ditiru oleh pecintanya. Hal tersebut menunjukkan bahwa pengaruh musik begitu besar dalam kehidupan sosial. Baik pengaruh dari Elvis atau pun dari The Beatles yang dengan musiknya membawa pengaruh yang begitu besar dalam kehidupan sosial bagi pecintnya.
Setelah itu kemudian muncul The Rolling Stones dan Led Zeppelin yang tampil lebih ganas dengan musiknya.

sex_drugs_and_rock_n_roll____by_truccie
Add caption
Lagi-lagi musik rock ‘n roll yang diusung yang membawa pengaruh tersebut. Keduanya mengusung slogan ‘sex, drugs, and rock ‘n roll‘ yang diikuti dan bahkan menjadi trend bagi pencintanya. Kalangan remaja khususnya yang menjadi fans berat The Rolling Stones dan Led Zeppelin di zaman itu, kehidupan seks, obat-obatan terlarang, mabuk-mabukan hingga kekerasan seakan sudah menjadi budaya baru yang menjadi trend dan menyatu dengan musik yang mereka cintai yaitu rock ‘n roll. Remaja di masa itu menganggap bahwa seks, obat-obatan terlarang, minuman keras hingga kekerasan adalah bagian dari rock ‘n roll sebagai musik yang mereka cintai. Dan pengaruh besar juga datang dari musisi-musisi yang mereka cintai yang sebelumnya hidup dengan hal-hal tersebut, dan secara tidak langsung musisi-musisi tersebut memperkenalkan kepada pecintanya bahwa kehidupan sosial yang rock ‘n roll adalah kehidupan dengan seks, obatan terlarang, minuman keras serta kekerasan.
Begitu besarnya pengaruh musik dalam kehidupan sosial manusia, dan pengaruh tersebut sedikit banyak merubah cara pandang kita dalam kehidupan. Musik yang trend sering sekali memperkenalkan budaya baru dan akan diikuti oleh para pecinta musik tersebut. Tidak heran jika banyak sekali orang yang kehidupan sosialnya terkesan ‘mengikuti’ perilaku para pemusik. Kehidupan sosial dan musik saling berkaitan dan saling mempengaruhi. Tergantung cara kita memandang dan bagaimana cara kita dalam menikmati musik itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar